WELCOME TO BLOGGER SEPUTAR KESEHATAN GIGI DAN MULUT BY ENAGO FK

seputar kesehatan gigi

Kumpulan Artikel Kesehatan Gigi Dan Mulut

Saturday 8 February 2020

Minuman Soda

 Minuman Soda
Extrajos+susu vs perkembangan
Catatan awal: Bebas Komentar:

Setelah saya  tulis artikel tentang ludoking di media suaramepago dan sastrapapua, kali ini saya  tulis sepengkal status tentang minuman soda.

Pada empat tahun kebelakangan (2016,2017,2018,2019) ini, tak asing lagi memfariasi foto di dinding sosial media seperti Facebook, Instagram, watshap dan mesengger mengenai minuman itu. Ironisnya, sejauh ini, kita, termasuk saya  lebih serius nikmati minuman soda (extrajis Susu).
Baru-baru ini, tepat malam ingggu, saya  kunjungi di beberapa akun fb yangbsaya konfir. Banyak foto bahkan status tentang minuman soda berwarna kuning itu.
"Cerita malam ini, dari kemaring sinang, sore malam tadi hingga pagi ini, kami nikmati ini," sebuah status memperlihatkan foto kaleng-kaleng susu dan puluhan bungkusan extrajos di samping dream berwarna biru itu.

Saya gelang kepala, membayangi kehidupan kita anak muda papua, kini lebih-lebih berdominan pada pekerjaan tersebut selain main Ludo dan bahas tak masuk akal. Mau taro dimana Papua kedepan?
Sejauh ini, seperti di Nabire, pada tahun 2017, seorang lelaki (tak sebut namanya) pernah operasi mengeluarkan cairan, 2018 di timaka pun sama, bahkan di bebepa daerah lain pun pernah terjadi korban hingga hrmbus nafas terakhirnya.

Di sini saya  perjelas sedikit tentang susu sebagai bahan kental dan extrajos sebagai bahan kimia. Extra Joss adalah minuman suplemen gingseng yang populer dengan icon atlet tinju ternama (Crish
John), atlet panco (Ade Rai), bahkan pawang gunung merapi pun digandeng oleh produsen suplemen
ini untuk menarik konsumen. Suplemen ini dapat meningkatkan energi dan menjagah semangat saat melakukan aktivitas terutama para pekerja berat. Biasanya minuman ini banyak digemari oleh pekerja bangunan, supir angkot, dan pemain bola/futsal amatir pun menggemari minuman ini.
Komposisi suplemen ini diantaranya adalah Taurine, Royyal Jely, Vit. B2, B3, B5, B6, B8, B9, ekstrak gingseng, dan Acesulfame K-Soda Bikarbonat.
Sedangkan, susu adalah minuman yang kaya akan nutrisi karena banyak mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Kalsium. Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan atau mineralisasi gigi dan tulang sehingga dapat mencegah pengeroposan tulang secara dini.

Dewasa ini telah terjadi perubahan perilaku masyarakat terhadap konsumsi dari kedua minuman ini. Pada awalnya hanya dikonsumsi secarah  terpisah. Namun, karena rasa ingin tahu yang tinggi atau sekedar ingin coba-coba, maka kebanyakan dari kita mengkombinasikan 2 minuman di atas menjadi
1 minuman dengan rasa yang nikmat dan dapat menghilangkan rasa lelah. Apalagi disajikan dalam keadaan dingin, al hasil kita pun dibuat kecanduan dan menjadikannya sebagai minuman rutin harian.
Tanpa kita sadari,  ternyata minuman tersebut dapat membahayakan kesehatan ginjal kita. Reaksi yang terjadi antara zat yang terkandung dalam Extra Joss dan Susulah penyebabnya.
 Ya..., salah
satu reaksi zat yang berbahaya adalah reaksi antara Acesulfame K-Soda Bikarbonat dan Kalsium. Untuk membuktikan hal itu pun sangat sederhana, coba amati gelas anda yang sudah terisi dengan Extra Joss + Susu, diamkan beberapa saat. Lalu amati apa yang terjadi, dalam hitungan menit, kita akan mendapati adanya endapan berwarna putih di bagian bawah dan air di bagian atas. Endapan kristal berwarna putih itulah hasil reaksi antara Acesulfame K-Soda Bikarbonat dan Kalsium.

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang menjalankan fungsi yang sangat vital, diantaranya sebagai alat filtrasi atau penyaring (membuang zat sisa metabolisme yang berbahaya dan menahan zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh). Oleh karena itu guys..., kebiasaan mengonsumsi Extra Joss Susu tidaklah baik untuk kesehatan ginjal kita karena endapan putih tadi akan terakumulasi dalam ginjal kita dan membentuk batu kristal yang dapat menyumbat saluran pada ginjal kita (Batu Ginjal).
Ada juga.....
Estrjos + susu + es berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut.
Artinya, kandungan gula pada minuman berenergi memenuhi asupan gula yang cukup untuk “bahan bakar” berkembang biaknya bakteri di dalam mulut. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Karena itulah, bahaya minuman ber energi/ minuman manisan dan asam tambah lagi campur dengan ES batu  yang satu ini perlu kita waspadai.
Hasil penelitian di tahun 2012 menyatakan bahwa sebagian besar minuman berenergi memiliki tingkat keasaman yang tinggi.
Sifat asam yang tinggi pada minuman berenergi dapat menurunkan pH-nya (keasaman), melarutkan mineral-mineral dalam enamel dan dentin gigi, walaupun enamel gigi adalah bagian terkeras dari tubuh kita. Selain itu, bahaya minuman berenergi juga bisa memicu gigi ngilu.

Mari, sebagai anak muda, kita adalah penggerak bangsa kita, Papua. Tidak boleh membodohi diri......
https://suarameepago.com/
Foto saat Anak2x konsumsi minuman soda berisih extra joss + susu putih 

               ditulis oleh:
  1. Sesilius Kegou (Untag Semarang)
  2. Ferdinand kotouki (Poltekkes Semarang)
Salam Jiwa 
Salam Sehat 

No comments:

Post a Comment